Selasa, 03 Mei 2011

RPP Bahasa Indonesia untuk SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
---
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
XI / 2
Standar Kompetensi
:
Mendengarkan
9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
Kompetensi Dasar
:
9.1. Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
Indikator
:
1.     Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya
2.     Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
3.     Menanggapi rangkuman yang dibuat teman
Alokasi Waktu       
:
4 x 45 menit ( 2 pertemuan)
                                                                             
1.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat merangkum isi pembicaraan dalam diskusi atau seminar

2.     Materi Pembelajaran
Gagasan para pembicara dalam diskusi
a.     Pokok-pokok isi
b.     Rangkuman

3.     Metode Pembelajaran
a.     Ceramah
b.     Diskusi/Tanya jawab
c.     Penugasan

4.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1


a.     Kegiatan Awal
1.     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa dalam materi ini.
2.     Guru menjelaskan manfaat kompetensi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

b. Kegiatan Inti
1.     Siswa mendengarkan rekaman diskusi/seminar dari radio/televisi.
2.     Siswa menentukan siapa saja yang terlibat dalam diskusi/seminar tersebut.
3.     Siswa mencatat pokok-pokok isi pembicaraan dalam diskusi
4.     Guru dan siswa berdiskusi membahas penugasan.
5.     Siswa merangkum seluruh isi pembicaraan diskusi ke dalam beberapa kalimat di rumah.

c.     Kegiatan Akhir
1.     Guru mengevaluasi hasil-hasil pembelajaran yang telah dilakukan siswa.
2.     Siswa dan guru melakukan refleksi atas pembelajaran kompetensi ini.

 

Pertemuan 2


a.     Kegiatan Awal
1.     Guru mengulas materi pembelajaran pada pertemuan 1.
2.     Guru menjelaskan kaitan materi pembelajaran pertemuan 2 dengan pertemuan 1.

b. Kegiatan Inti
1.     Beberapa siswa yang ditunjuk membacakan hasil pekerjaannya.
2.     Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap rangkuman yang dibuat teman
3.     Guru memandu diskusi untuk membahas penugasan.
4.     Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya.
c.     Kegiatan Akhir
1.     Guru mengevaluasi hasil-hasil pembelajaran yang telah dilakukan siswa.
2.     Siswa dan guru melakukan refleksi atas pembelajaran kompetensi ini.

5.     Sumber Belajar
Rekaman diskusi/seminar

6.     Penilaian
a.   Teknik                                      : Tes unjuk kerja
b.   Bentuk      instrumen               : Uji petik kerja prosedur dan produk
c.   Contoh instrumen   :

1.     Tentukan siapa sajakah yang terlibat dalam diskusi tersebut!

Pedoman Penilaian

Kegiatan
Skor
Siswa menyebutkan orang-orang yang terlibat dalam diskusi dengan tepat
3
Siswa menyebutkan orang-orang yang terlibat dalam diskusi namun ada yang salah
2
Siswa tidak dapat menyebutkan orang-orang yang terlibat dalam diskusi dengan tepat
1
Siswa tidak menuliskan apapun
0

2.     Tentukanlah pokok-pokok isi pembicaraan dalam diskusi

Pedoman Penilaian
Kegiatan
Skor
Siswa menyebutkan minimal 3 pokok isi pembicaraan diskusi dengan tepat
3
Siswa menyebutkan 2 pokok isi pembicaraan diskusi dengan tepat
2
Siswa menyebutkan 1 pokok isi pembicaraan diskusi dengan tepat
1
Siswa tidak dapat menyebutkan pokok isi pembicaraan diskusi dengan tepat
0

3.     Buatlah rangkuman isi pembicaraan diskusi ke dalam beberapa kalimat!

Pedoman penilaian

No.
Aspek
Deskriptor
Skor
1.
Isi
·          Sesuai dengan isi diskusi
·          Kurang sesuai dengan isi diskusi
30
20
1.
Kepaduan
·          Adanya kepaduan paragraf
·          Kurang adanya keterpaduan paragraf
30
20
2.
Pilihan kata/kalimat
·          Tepat
·          Kurang tepat
30
20
3.
Ejaan/bahasa
·          Sedikit kesalahan
·          Banyak kesalahan
20
10
4.
Penampilan Fisik
·          Tulisan rapi dan jelas
·          Tulisan tidak rapi dan tidak jelas
20
10










Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 - 100 adalah sebagai berikut.


Perolehan Skor



Nilai akhir =
------------------------
X
Skor Ideal (100)
=   .  .  .

Skor Maksimum




               


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMA Negeri 1 Wonotunggal
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
XI / 2
Standar Kompetensi
:
Mendengarkan
9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar.
Kompetensi Dasar
:
9.2. Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar.
Indikator
:
1.     Mengajukan pertanyaan
2.     Menanggapi pembicaraan dalam bentuk kritik atau dukungan
3.     Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan.
Alokasi Waktu       
:
4 x 45 menit ( 2 pertemuan)
                                                                             
1.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar.

2.     Materi Pembelajaran
Komentar para pembicara
a.     Cara memberikan komentar

3.     Metode Pembelajaran
1.     Ceramah
2.     Diskusi/Tanya jawab
3.     Penugasan

4.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1


a.     Kegiatan Awal
1.     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa dalam materi ini.
2.     Guru menjelaskan manfaat kompetensi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

b.     Kegiatan Inti
1.     Guru dan siswa berdiskusi tentang etika bertanya dan berpendapat dalam diskusi atau seminar
2.     Siswa mendengarkan rekaman diskusi/seminar.
3.     Siswa membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan dalam diskusi.
4.     Siswa mengajukan pertanyaan atas pendapat seseorang dalam diskusi.

c.     Kegiatan Akhir
1.     Guru mengevaluasi hasil-hasil pembelajaran yang telah dilakukan siswa.
2.     Siswa dan guru melakukan refleksi atas pembelajaran kompetensi ini.

 

Pertemuan 2


a.     Kegiatan Awal
1.     Guru mengulaskan materi pada pertemuan 1
2.     Guru menjelaskan kaitan materi pada pertemuan 1 dengan pertemuan 2.

b.     Kegiatan Inti
1.     Siswa mendengarkan kembali rekaman diskusi
2.     Siswa mengomentari pendapat pembicara dalam diskusi disertai dengan alasan yang mendukung.

c.     Kegiatan Akhir
1.     Guru mengevaluasi hasil-hasil pembelajaran yang telah dilakukan siswa.
2.     Siswa dan guru melakukan refleksi atas pembelajaran kompetensi ini.

5.     Sumber Belajar
Rekaman diskusi

6.     Penilaian
a.   Teknik                                      : Tes unjuk kerja
b.   Bentuk      instrumen               : Format pengamatan
c.   Contoh instrumen   :

1.     Buatlah pertanyaan terkait dengan pendapat seseorang dalam diskusi lalu sampaikanlah!

Pedoman Penilaian

No.
Aspek
Deskriptor
Skor
1
Isi
-          Pertanyaan sesuai dengan pendapat
-          Pertanyaan tidak sesuai dengan pendapat
30
10
2
Kebahasaan
-          Pertanyaan diajukan dengan memperhatikan kaidah kebahasaan
-          Pertanyaan diajukan tanpa memperhatikan kaidah kebahasaan
30

10
3
Penyampaian
-          Penyampaian pertanyaan tenang dan menarik
-          Penyampaian pertanyaan kurang tenang dan kurang menarik
30

10

2.     Sampaikanlah komentarmu terhadap pendapat narasumber dalam diskusi!

Pedoman Penilaian

No.
Aspek
Deskriptor
Skor
1
Isi
-          Komentar sesuai dengan pendapat
-          Komentar tidak sesuai dengan pendapat
30
10
2
Kebahasaan
-          Komentar diajukan dengan memperhatikan kaidah kebahasaan
-          Komentar diajukan tanpa memperhatikan kaidah kebahasaan
30

10
3
Penyampaian
-          Penyampaian pertanyaan tenang dan menarik
-          Penyampaian pertanyaan kurang tenang dan kurang menarik
30

10
4
Kelogisan alasan
-          Alasan yang diberikan logis dan mendukung
-          Alasan yang diberikan kurang logis dan tidak mendukung
30
10

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 - 100 adalah sebagai berikut.


Perolehan Skor



Nilai akhir =
------------------------
X
Skor Ideal (100)
=   .  .  .

Skor Maksimum




               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
---
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
XI / 2
Standar Kompetensi
:
Berbicara
10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
Kompetensi Dasar
:
10.1. Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
Indikator
:
1.     Menuliskan pokok-pokok isi yang akan disampaikan secara berurutan.
2.     Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
3.     Menjelaskan proses penelitian dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami.
Alokasi Waktu       
:
4 x 45 menit (2 pertemuan)
                                                                             
1.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

2.     Materi Pembelajaran
Contoh hasil penelitian
a.     Langkah–langkah penelitian
b.     Syarat-syarat penelitian.

3.     Metode Pembelajaran
a.     Ceramah
b.     Diskusi/Tanya jawab
c.     Penugasan

4.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1


a.     Kegiatan Awal
1.     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa dalam materi ini.
2.     Guru menjelaskan manfaat kompetensi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

b.     Kegiatan Inti
1.     Siswa membaca contoh hasil penelitian.
2.     Guru dan siswa berdiskusi tentang langkah-langkah dan syarat-syarat penelitian.
3.     Siswa mendata topik-topik yang akan dijadikan bahan penelitian.
4.     Siswa melakukan penelitian di rumah dan menuliskan hasil penelitiannya.

c.     Kegiatan Akhir
1.     Guru mengevaluasi hasil-hasil pembelajaran yang telah dilakukan siswa.
2.     Guru dan siswa melakukan refleksi atas pembelajaran kompetensi ini.

Pertemuan 2


a.     Kegiatan Awal
1.     Guru mengulas kembali materi pembelajaran sebelumnya.
2.     Guru menjelaskan kaitan antara materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran berikutnya.

b.     Kegiatan Inti
1.     Siswa menuliskan pokok-pokok hasil penelitian yang akan disampaikan.
2.     Guru dan siswa menyepakati format penilaian.
3.     Siswa mengemukakan ringkasan hasil penelitiannya di depan kelas.
4.     Siswa menjelaskan proses dan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami.
5.     Guru dan siswa mendiskusikan hasil penelitian siswa yang telah dipresentasikan.

c.     Kegiatan Akhir
1.     Guru mengevaluasi hasil-hasil pembelajaran yang telah dilakukan siswa.
2.     Guru dan siswa melakukan refleksi atas pembelajaran kompetensi ini.


5.     Sumber Belajar
Contoh hasil penelitian

6.     Penilaian
a.   Teknik                                      : Tes Unjuk Kerja
b.   Bentuk      instrumen               : Format pengamatan
c.   Contoh instrumen   :

1.     Tuliskanlah pokok-pokok sebuah laporan hasil penelitian!

Pedoman Penilaian
                                                                 Kegiatan
Skor
Siswa menuliskan pokok-pokok laporan hasil penelitian secara lengkap dan urut
3
Siswa menuliskan pokok-pokok laporan hasil penelitian secara lengkap tetapi tidak urut
2
Siswa menuliskan pokok-pokok laporan hasil penelitian secara tidak lengkap tetapi tidak urut
1
Siswa tidak menuliskan pokok-pokok laporan hasil penelitian
0

2.     Presentasikanlah ringkasan sebuah laporan hasil penelitian!

Rubrik Penilaian Penyampaian Ringkasan Laporan Hasil Penelitian
Berilah tanda cek (Ö) pada kolom nilai 1, 2, 3, atau 4  dengan ketentuan: 1 =  kurang; 2 = sedang; 3 = baik; 4 = sangat baik.
                                   
Nama siswa            : ......................................
Tanggal                  :  .....................................

No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1
Kesesuaian isi
Isi ringkasan sesuai dengan laporan hasil penelitian dan urut




2
Kebahasaan
Penyampaian menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar




5
Penampilan
Presentasi dilakukan dengan tenang, menarik, dan wajar





Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 - 100 adalah sebagai berikut.


Perolehan Skor



Nilai akhir =
------------------------
X
Skor Ideal (100)
=   .  .  .

Skor Maksimum



                                               
Batang, 12 Juli 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar